Terbukti Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mind Palace

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Berjalan dengan Mind Palace (Istana Pikiran) | Image source: wikihow.com

Ada sebuah teknik memory (mengingat) yang berasal dari negeri Roma era lama dan Yunani zaman dahulu yaitu dengan sebuah metode mnemonic dikenal dengan banyak istilah Mind Palace, Memory Palace, dan Memory Journey (Wikipedia, 2017).

Namun lebih seringnya disebut Mind Palace (Istana Ingatan) yang dipopulerkan oleh tokoh fiksi dalam Novel Sherlock Holmes maupun Serial TVnya, atau juga sering disebut dengan method of loci (metode loci) oleh beberapa pihak.

Saya lebih senang menggunakan istilah Memory Palace ketimbang Mind Palace karena rujukan saya berasal dari buku ilmiah sejarah oleh Spence mengenai Matteo Ricci yang menyebarkan teknik Memory Palace di beberapa negeri (Spence, 1984).

Memory palace adalah teknik mengingat yang memiliki beberapa aturan yang sangat mudah difahami dan mudah diterapkan bagi yang memiliki niat yang bagus.

Jika Anda merasa kurang kuat imajinasinya atau membayangkan, Anda salah. Hanya Niat-lah atau Will Power yang kuat pasti mudah saja melatih teknik mnemonic ini. Buktinya saja penulis dapat mencobanya (walaupun kurang mahir dan kurang cepat). Saya sebagai penulis juga tidak begitu mampu melukis/menggambar di buku gambar dengan baik ataupun imajinasi juga tidak bagus. Imajinasi Itu tidaklah penting.

Jadi, Inginkah Anda mengingat banyak hal namun tidak punya waktu cukup mengingatnya?

Inginkah Anda memanggil ingatan DENGAN CEPAT tanpa berusaha mengingat sedikitpun? atau Inginkah Anda bermain-main dan bersenang-senang dengan otak Anda agar kemustahilan tentang ingatan menjadi menghilang pada Anda?

Di sini lah saya akan berbagi metode mengingat terpercaya dan efisien untuk mengingat banyak hal dan bertahan dalam waktu yang lama. Banyak hal tersebut bergantung pada pilihan tempat yang Anda gunakan, semakin kecil ruangan tempat yang Anda pilih tentunya semakin sedikit juga ingatan yang bisa Anda bangun.

Segera simak berikut ada 7 tahap saja cara meningkatkan daya ingat Anda dengan Memory Palace:

1. Pilih Lokasi Tempat yang Kamu Inginkan

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Memory Palace di Pasir Pantai | Image source: fluentin3months.com

Cara menggunakan teknik ingatan ini cukup sederhana. Langkah pertamanya adalah Pilih Lokasi Tempat yang Kamu Mudah Bayangkan. Dalam pemilihan ini ada 3 opsi yang bisa Anda pilih.

Pertama, tempat yang bisa Anda imajinasikan dari kenyataan (lokasi nyata) artinya adalah bangunannya haruslah pernah kamu lihat langsung oleh mata kepala kamu sendiri dan dapat diingat ulang dalam ingatan Anda (Spence, 1984).

Kedua, tempat yang sepenuhnya fiksi (Anda buat sendiri dengan berkhayal). Dan ketiga, bangunan / tempat tersebut bisa setengah nyata dan bisa setengah fiksi atau digabung-gabung (Spence, 1984).

 

2. Pertajam Visualisasi Desain Tempat Itu

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Image source: wikihow.com

Setelah Anda memilih tempat nyaman Anda dan tentunya sudah familiar sekali dan mudah Anda Imajinasikan. Maka Anda harus memperkuat kembali visualisasi ini dengan vividly (secara jelas dan jernih) di pikiran Anda. Baik itu lokasi nyata ataupun fiksi, tergantung pilihan Anda.

Jika kamu kesulitan, kamu boleh menutup mata dan bayangkan tempatnya perlahan seolah-olah sedang di sana.

3. Tentukan Rute Awal (contoh: Di depan Rumah)

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Rute Memory Palace Menuju Depan Pintu | Image source: artofmemory.com

Rute ini sangat penting, pertama-tama Anda harus sangat jelas melihatnya melalui apa saja dan kemana saja Arah yang kamu buat.

Tidak masalah tempat Apa yang Anda pilih di tahap pertama ini, yang penting adalah Anda dapat mengimajinasikan dengan jelas PENGALAMAN/KHAYALAN Anda berada di tempat itu, dan tidak lupa ingatlah URUTAN rutenya dengan baik.

 

4. Bayangkan Benda Pertama tersebut ‘Memiliki Wujud yang Aneh’

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Image source: Lorayne, How To Develop a Super-Power Memory

Untuk tempat fiksi, tentu saja, kamu tidak harus melihat imajinasi yang beraroma kekerasan dan negatif (Lorayne, 1957). Jadi misalkan yang terlintas dan terbayang pertama kali terhadap Benda pertama tersebut Anda memikir hal negatif, kekerasan, menjijikan, tidak baik untuk diri Anda, maka Anda bisa saja menggantinya ke hal kedua lainnya.

Tapi ingat, metode mnemonic ini akan bekerja lebih baik pada “Apa yang PERTAMA kali terbayang di pikiran Anda” terhadap wujud keanehan benda ini. Jadi, usahakan jika hal negatif itu tidak benar-benar buruk bagi Anda biarkan saja pilih hal tersebut.

Dan juga benda pertama tersebut selain Wujud Aneh juga harus memiliki Ukuran besar jika ingin lebih kuat ingatannya seperti gambar khayalan ikan duduk di bangku pada gambar di atas tersebut.

Jika benda tersebut memiliki angka, maka Anda harus melatih teknik mnemonic lainnya juga yaitu mnemonic tipe pegging / major system / sistem pasak namanya.

Saya sudah menjelaskan mengenai teknik mnemonic pegging ini di artikel sebelumnya tentang mengingat tabel perkalian matematika.

Baca juga: Solusi Psikologi Mengatasi Tabel Perkalian Matematika

 

5. Berjalanlah Kamu Mendekati Benda Pertama

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Berjalan dengan Memory Palace (Istana Ingatan) | Image source: wikihow.com

Lalu, mulailah berjalanlah di Istana (tempat) Anda tersebut. Cara berjalan bisa Anda lakukan dengan secepat kilat atau perlahan-lahan tergantung gaya Anda.

 

6. Asosiasikan (Linking) ‘Benda Aneh Pertama’ terhadap ‘Benda Aneh Kedua & Seterusnya’

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Mnemonic Linking Susu terhadap Roti Bungkus | Image source: memory-improvement-tips.com

Saya sudah pernah menjelaskan mengenik teknik ingatan mnemonic Asosiasi (Linking / rantai) ini di artikel beberapa bulan lalu.

Baca juga: Membuat Ingatan Super – Linking Mnemonic

Anda akan lebih mudah melakukan memory palace ini jika Anda sudah pernah berlatih dengan teknik Linking sebelumnya.

Dalam teknik Linking (Asosiasi) kita harus mengubah benda pertama menjadi Aneh dan juga benda yang kedua. Lalu menghubung keduanya dengan sebuah ‘PERILAKU ANEH’ lagi, agar tertanam di ingatan jangka panjang di otak kita lebih mudah.

Dan dalam tahap ini kamu harus menentukan tempat dimana Benda Aneh Pertama dan Benda Selanjutnya berada dan mengingat rutenya.

Jangan khawatir, ini memang seperti permainan anak-anak mengkhayal-khayal, faktanya ini memanglah sebuah permainan (Lorayne, 1957). Namun sangat bermanfaat untuk kamu lakukan jika ingin mengembangkan ingatan Anda.

Jika Anda sudah mampu melakukan ini. Lanjutkanlah latihlah terus.

 

7. Ulangi Secukupnya Menjelajahi Tempat Kamu hingga Kuat Ingatan Tersebut

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Sensasi A-ha / Eureka! | Image source: psicologo-romanord.it

Tetapi jika wajah Anda masih seperti gambar kedua di bawah ini, masih bingung Anda harus terus melatihnya agar wajah Anda sudah menjadi seperti gambar di atas (SENANG dan A-HAA!).

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Sensasi BINGUNG | Image source: psicologo-romanord.it

 

Buktikan di Hari Berikutnya atau Bulan Berikutnya Menjadi Luar Biasa Sekali Ingatan Kuat Kamu (kecuali Kamu swipe atau terdouble)

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Fiksi Mind Palace Sherlock Mencari Lokasi Peta | Image source: giphy.com

Swipe adalah saat Anda ingin menghapus ingatan dalam Memory Palace Anda agar bisa digunakan menaruh benda / hal lain lagi. Caranya untuk melakukan swipe adalah dengan mengimajinasikan ulang Memory Palace Anda dan lakukan hal-hal seperti:

  • Membayangkan tangan Anda memegang Sapu dan menghilangkan benda yang Anda tuju dengan membersihkannya dengan sesapu Anda.
  • Atau Anda dapat membayangkan penghapus besar Anda pegang dan membersihkannya.
  • Apapun yang Anda gunakan semuanya bisa pikirkan sebuah benda yang Anda pegang dan lakukan pembersihan

 

Sedangkan Terdouble adalah jika di dalam lokasi Memory Palace Anda secara tidak sengaja Anda lupa membersihkannya dahulu, Anda hanya langsung mengisi / menaruh BENDA BARU yang lain lagi, padahal kan sudah ada sebelumnya di sana.

Nah, bagaimana jadinya Anda mengimajinasikan kedua benda tersebut dalam satu tempat? Mustahil bukan? dan mempersulit otak kamu jadinya.

Jadi, ingat dua hal ini dalam Memory Palace:

“Pertama Anda dapat Mengisi ulang ingatan Memory Palace Anda dengan Swipe.”

Dan juga,

“Dan juga hindari Terdouble (kelupaan menghapus sebelum mengisi yang baru).”

 

Tetapi jika kasusnya Anda punya pilihan tempat / istana macam-macam atau lokasi banyak yang berbeda-beda tidak ada masalah di sini. Setelah Anda faham cara mengingat cepat dengan Memory Palace ini, silahkan tinggalkan komentar Anda di blog ini.

 

Beberapa Contoh Praktisi Ingatan Mnemonic (Menggabungkan: Linking, Pegging, dan Memory Palace)

 

1. Praktisi Mahir

Contoh Praktisi Ingatan oleh: Joshua Foer
Video source: youtube.com/watch?v=mI96Ph-yHcA

 

2. Praktisi Menengah

Contoh Praktisi Ingatan oleh: Dominic Brian
Video source: youtube.com/watch?v=LwqcrNnzSrE

 

3. Praktisi Perlu Latihan Lagi

Contoh Praktisi Ingatan oleh: Deny Darko
Video source: youtube.com/watch?v=GUJ-DgW1ubs

 

Dalam beberapa video di atas adalah contoh nyata bagaimana juarawan anak Indonesia dan juarawan Dunia dalam bidang ingatan serta juga pesulap Indonesia menampilkan kepada kamu bagaimana terbuktinya teknik ini bisa diterapkan jika kamu berniat melatihnya. Silahkan disimak videonya jika belum.

Dalam tingkat sulit di video pertama adalah contohnya mencoba mengingat daftar angka dari bilangan Pi matematika yaitu 22/7 atau hasilnya 3,14xxxxx yang bisa dibilang tidak terhitung belakangnya, kecuali dengan komputer atau cara tertentu. Namun itu tidak penting, yang penting adalah mengingat angka yang banyak per tiga angka.

 

Beberapa Hal Mustahil yang Perlu Kamu Tahu Bahwa Memory Palace Seperti di Film Fiksi Sherlock Hindarilah di Dunia Nyata

Read More: http://www.wonderspsychology.com
Ilustrasi Terlalu Bergaya Dengan Mind Palace Sherlock| Image source: Clip Sherlock Serial TV S2 Eps.2

1. Anda Tidak Perlu Bergaya Seperti di Gambar Atas Melakukannya (kecuali Anda ingin eksis), Apalagi kepala bergaya terkejut ke Belakang gayanya seperti dalam gambar bergerak di atas.

2. Anda Tidak Bisa Secepat Sherlock dalam Film Mengambil (decoding) dari Ingatan di kehidupan nyata Anda, karena cara mengingat dengan cepat yang ditampilan Sherlock itu untuk menghibur yang didesain oleh produsernya.

3. Anda Lebih Mudah Mengingatnya dengan Mata Tidak Bergerak, bukan bergerak-gerak seperti Gambar di atas

4. Anda Mungkin Sulit Mengingat Nama Orang dengan Teknik Memory Palace ini. Tetapi saya akan memberitahukan Anda bahwa teknik yang tepat atau cara agar tidak pelupa dengan nama orang yaitu dengan mengingat wajahnya dengan metode mnemonic tipe linking yang telah saya jelaskan di artikel beberapa bulan lalu. Namun untuk penjelasan lebih lengkap akan saya bagikan di artikel selanjutnya tentang linking terhadap wajah seseorang dan namanya. Teruslah pantau tiap bulan dan jadi pengunjung tetap blog ini.

 

REFERENSI:

Benjamin, Arthur. & Shermer, Michael Brant. Mathemagics: How To Look Like A Genius Without Really Trying (1993)

Lorayne, Harry. How to Develop a Super-Power Memory (1957)

O’Brien, Domnic. How to Develop a Perfect Memory (1993)

Spence, Jonathan D. The Memory Palace of Matteo Ricci (1984)

Artikel lainnya:
Iklan: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *