Dale Carnegie Quotes & 8 Hal Penting Kepiawaian Public Speakingnya

Dale Carnegie Quotes & 8 Hal Penting Kepiawaian Public Speakingnya
Dale Carnegie di Puncak Kepiawaiannya pada Tahun 1912, Tetapi Siapakah Dale Carnegie ini?  | Image source: dalecarnegie.com

Nama awalnya adalah Dale Carnagey, yang kemudian dikenal luas dengan nama Dale Carnegie. Merupakan salah satu penulis sekaligus pakar di bidang self-improvement, public speaking, dan people skills yang cukup terkenal. Dale Carnegie merupakan seseorang yang lahir di tengah keluarga sederhana pada 24 November 1888 di Maryville, Missouri. Ia meninggal di Forest Hills, New York, pada 1 November 1955 setelah mengidap Hodgkin’s Lymphoma (kanker pada sistem limfatik yang mengganggu kestabilan sistem kekebalan tubuh (source: mayoclinic.org).

Image result for dale carnegie
biography.com/people/dale-carnegie-9238769

Semasa hidupnya, Dale Carnegie telah menghasilkan karya-karya tulis yang mendunia. Tiga bukunya yang sangat terkenal dan berhasil menduduki posisi pada daftar buku terlaris di dunia adalah :

  1. How to Win Friends and Influence People (1930)
  2. The Art of Public Speaking (1915)
  3. How to Stop Worrying and Start Living (1948)

Ketiga buku tersebut telah terjual jutaan eksemplar di seluruh dunia. Bahkan, saat ini ketiganya telah dicetak ke dalam berbagai bahasa di dunia.

Dale Carnegie, merupakan seseorang yang memulai segalanya dengan cara yang sangat sederhana. Mulai sebagai remaja pria miskin yang tidak memiliki keunggulan di bidang fisik, semasa hidupnya ia telah berhasil berubah menjadi seseorang yang memiliki ‘kekuatan’. Tentu bukan di bidang fisik, tetapi dari caranya mempelajari hubungannya dengan orang lain, memperlakukan orang lain dengan ‘tepat’ dan kemampuan komunikasinya yang sederhana tetapi sangat efektif untuk berbagai tujuan.

Ia juga memiliki pola pikir yang sangat positif pada berbagai masalah hidup. Mengajak kita untuk ‘menikmati’ kesulitan alih-alih memikirkan dan cemas karenanya. Dale Carnegie mengajarkan kita agar hidup berfokus pada hari ini untuk menciptakan masa depan yang lebih baik sekaligus tetap belajar dari masa lalu. Ia juga mengajarkan kita untuk menghilangkan kata ‘cemas’ dari kamus kehidupan kita.

Tak ada kesuksesan yang didapat tanpa usaha. Hal ini pun berlaku bagi Dale Carnegie. Semasa hidupnya, ia sangat gemar mempelajari kisah hidup orang-orang sukses dan pemimpin-pemimpin terkenal di dunia. Dari sinilah ia belajar banyak bahwa kemampuan teknis bukanlah satu-satunya hal yang penting dalam melakukan sesuatu. Bagi Carnegie, kemampuan sosial juga merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh seseorang agar bisa berfungsi secara efektif.

 

12 Powerful Quotes dari Dale Carnegie

Image result for dale carnegie quotes
Image source: themarketingstudent.com/dale-carnegie-quotes/

Berikut ini adalah 12 quotes Dale Carnegie yang sangat terkenal. Sangat terkenal karena mampu memberikan makna tersendiri bagi kehidupan banyak orang di dunia.

  1. You can make more friends in two months by becoming interested in other people than you can in two years by trying to get other people interested in you.”

Arti : Di dalam bukunya, Carnegie menuliskan bahwa yang terpenting bagi orang lain agar bisa menjadi tertarik bagi kita adalah mengetahui bahwa kita sudah lebih dulu tertarik pada mereka. Ketertarikkan yang mampu kita ekspresikan dengan tulus kepada orang lain merupakan ‘jurus’ yang paling ampuh untuk membuat orang lain tertarik pada kita. Tak perlu repot-repot mengada-ada atau menunjukkan tingkah laku yang artificial, cukup merasa tertarik dengan tulus, dan silahkan lihat hasilnya.

Dale Carnegie, How To Win Friends And Influence People

 

  1. A person’s name is to him or her the sweetest and most important sound in any language.”

Arti : Dale Carnegie tahu persis bahwa hal pertama yang diinginkan seseorang adalah perasaan dihargai. Dan bagi Carnegie,  cara pertama yang bisa kita lakukan adalah menghapal dan menyebut nama mereka. Bagi setiap orang, nama merupakan sebuah bentuk pengakuan paling absolut terhadap individualitasnya sebagai manusia. Hal inilah yang dikatakan Carnegie, mampu membuat ‘nama’ menjadi bahasa paling manis yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Dale Carnegie, How To Win Friends And Influence People

 

  1. To be interesting, be interested.”

Arti : Di dalam bukunya, Carnegie menuliskan bahwa untuk ‘menaklukan’ orang lain, bahkan orang yang paling sukar sekalipun, kita hanya perlu menjadi tertarik kepada mereka. Ingat, sekali lagi, dengan tulus. Tulus dalam ketertarikkan dengan orang lain tidak hanya akan menaklukkan orang yang sukar, tetapi juga akan memberikan kita teman baru, dan (bagi para sales person) pelanggan setia.

Dale Carnegie, How To Win Friends And Influence People

 

  1. Our thoughts make us what we are.”

Arti : Pikiran kita mengontrol kehidupan kita. Kita akan menjadi apa yang kita pikirkan. Ketika kita berpikir bahwa kita gagal, maka kita akan gagal. Ketika kita berpikir bahwa kita akan berhasil, maka kita akan berhasil.

Dale Carnegie, How to Stop Worrying and Start Living

  1. Two men looked out from prison bars. One saw the mud, the other saw stars.”

Arti : Dale Carnegie mengajarkan kepada kita bahwa selalu ada lebih dari satu sudut pandang di dalam memandang sesuatu. Dan, darimana kita akan memandang sesuatu merupakan pilihan kita. Apakah kita akan membuat diri kita cemas dengan memandang sesuatu dari sudut pandang negatif, atau kita akan membuat diri kita tenang dengan berfokus pada sudut pandang yang lebih positif.

Dale Carnegie, How to Stop Worrying and Start Living

  1. Today is our most precious possession. It is our only sure possession.”

Arti : Carnegie mengajarkan pada kita bahwa hal paling berharga yang kita miliki saat ini adalah ‘saat ini’. Bukan masa lalu, apalagi masa depan. Masa lalu merupakan hal yang sudah lewat, tak ada lagi yang bisa kita ubah darinya. Sedangkan, masa depan adalah hal yang tak akan pernah kita tahu, dan sekali lagi, tak ada hal yang bisa kita lakukan terhadapnya. Satu-satunya hal yang bisa kita rawat dan jalankan dengan baik adalah ‘saat ini’. ‘Saat ini’ merupakan satu-satunya hal yang bisa kita kendalikan, kita rawat, dan kita lestarikan. Jadi, untuk apa menyesali masa lalu dan mencemaskan masa depan?

Dale Carnegie, How to Stop Worrying and Start Living

  1. If you want to keep happiness , you have to share it !

Arti : Carnegie mengajarkan pada kita bahwa kebahagiaan akan menjadi semakin besar ketika kita membagikannya kepada orang lain. Tak akan ada kebagiaan yang begitu berharga dibandingkan membuat orang lain juga ikut bahagia bersama kita.

Dale Carnegie, How to Stop Worrying and Start Living

  1. Destiny is not a matter of chance. It is a matter of choice.”

Arti : Takdir bukanlah hal yang bisa kita tunggu, tetapi hal yang perlu kita raih. Ini bukan masalah kesempatan, tetapi seberapa besar usaha kita untuk meraih takdir tersebut.

Dale Carnegie, The Art of Public Speaking

  1. If you believe you will fail, there is no hope for you. You will.” 

Arti : Jika kita berpikir bahwa kita akan gagal, secara tidak sadar, kita akan melakukan berbagai tingkah laku yang akan membawa kita kepada kegagalan tersebut. Kendalikan pikiran, percayalah bahwa kita akan berhasil. Dan, secara tidak sadar, kita akan melakukan tingkah laku yang akan membawa kita pada keberhasilan tersebut.

Dale Carnegie, The Art of Public Speaking

  1. The world owes its progress to the men who have dared.”

Arti : Jangan pernah meragukan hasil dari usaha yang telah kita lakukan. Karena percayalah bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati kita.

Dale Carnegie, The Art of Public Speaking

  1. Only the prepared speaker deserves to be confident.”

Arti : Latihan dan persiapan adalah kunci sukses untuk berbicara di depan publik. Ketika latihan terkadang membuat kita berbicara seperti robot, ketahuilah bahwa kepercayaan diri akan mencairkan segala suasana dan membuat kita bersinar di atas panggung.

Dale Carnegie, The Art of Public Speaking

  1. Tell the audience what you’re going to say, say it, then tell them what you’ve said.”

Arti : Jangan pernah berharap bahwa dengan sekali berbicara, pendengar kita akan mengerti apa yang kita katakan. Jangan pernah bosan melakukan repetisi kepada pedengar, karena dengan cara itulah pesan kita akan melekat erat pada pikiran mereka.

Dale Carnegie, The Art of Public Speaking

 

Effective Public Speaking oleh Dale Carnegie

Image result for public speaking cartoon
Image source: audienceops.com/business-owners-can-build-influence-public-speaking/

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, salah satu hal yang membuat Dale Carnegie begitu terkenal adalah pelatihan dan tulisannya mengenai Public Speaking. Melalui berbagai pelatihan dan literatur tersebut, Dale Carnegie mampu mengubah hidup banyak orang. Dari mereka yang cemas ketika harus berbicara di depan publik, hingga menjadi mereka yang tak hanya bisa menguasai panggung, tapi juga bersinar di atasnya.

Bagi Carnegie, tidak akan ada manusia yang tidak bisa bicara di depan publik. Dalam salah satu literaturnya, Dale Carnegie memberikan 8 cara cepat dan mudah agar kita bisa berbicara di depan publik. Dan, hal itu adalah :

  1. Be prepared. Pastikan bahwa kita telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum bicara di depan publik. Baik itu penguasaan materi, maupun kepercayaan diri untuk berbicara dengan orang lain. Jangan pernah ragu untuk terus belajar dan berlatih dalam waktu yang lama.
  2. Jangan pernah menghapal apa yang akan kita katakan, karena menghapal apa yang ingin kita katakan justru akan membuat kita terdengar seperti robot, bukan manusia. Biarkan setiap kata dan perasaan yang ingin kita sampaikan mengalir dengan bebas dari mulut kita. Dengan begitu, kita akan menjadi seorang manusia yang sedang berkomunikasi dengan manusia lainnya.
  3. Bicaralah tentang sesuatu yang berasal dari pikiran dan hati kita. Dengan begitu, para pendengar akan lebih menghormati dan tertarik kepada kita. Bicara sesuai dengan hati dan pikiran membuat kita menguasai apa yang ingin kita bicarakan dengan lebih baik karena mereka merupakan pengalaman kita sendiri. Hal ini membuat kita memiliki hak yang lebih besar untuk berbicara tentangnya dan memperoleh kehormatan dari para pendengar.
  4. Ingatlah bahwa hal yang penting di dalam berbicara di depan publik bukan hanya hak kita untuk berbicara, tetapi juga keinginan kita untuk menyampaikan pesan. Menyampaikan perasaan dan emosi yang terkandung dalam setiap pesan. Dengan cara seperti ini, kita tak perlu lagi bersusah payah mencari cara untuk membuat para pendengar mengerti dan merasakan apa yang kita rasakan.
  5. Bicaralah tentang sesuatu yang pernah kita alami. Dan kemudian, terkejutklah pada betapa banyaknya topik dan kata yang akan dengan mudahnya mengalir dari mulut kita kepada para pendengar.
  6. Jika ingin berbicara tentang hal lain selain pengalaman kita, bicaralah tentang hal yang pernah kita pelajari. Dari mana? Dari mana saja. Entah itu dari halte bus tempat kita menunggu, meja kerja, maupun orang-orang yang kita temui setiap harinya.
  7. Jangan pernah pisahkah diri kita dari buku catatan. Bawalah buku catatan selalu bersama kita dan jangan heran jika suatu hari nanti kita telah menjadi seorang penulis sebuah “Buku Inspirasi”.
  8. Ketahuilah bahwa topik yang baik tidak selalu topik yang sulit. Seringkali topik yang sederhana mampu menggugah para pendengar lebih dari yang kita kira. Jangan pernah lupakan prinsip-prinsip yang telah dibahas sebelumnya : milikilah hak untuk berbicara tentang sebuah topik dan tertariklah untuk membicarakannya kepada manusia lain.

 

Info Dale Carnegie Training di Indonesia

Related image
Image source: www.enews.tech/dale-carnegie.html

Sebagai perwujudan dari keseriusannya di dalam membantu orang lain untuk menjadi lebih baik dalam self-improvement, public speaking, dan people skills, Dale Carnegie mendirikan Dale Carnegie Institute. Saat ini, Dale Carnegie Institute telah memiliki beberapa cabang di seluruh dunia. Dan, seiring perkembangan zaman, program pelatihan pun tidak hanya diadakan secara tatap muka, tetapi juga secara offline. Jika teman-teman tertarik untuk bergabung dalam pelatihan-pelatihan tersebut, berikut merupakan beberapa jadwal pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Dale Carnegie Institute di Indonesia:

  1. High Impact Presentation

Tempat Pelaksanaan : Altira Bussiness Park Jakarta

Tanggal Pelaksanaan : Rabu – Jumat / 24 – 26 April 2019

Jam Pelaksanaan : 08.00 – 17.00 WIB

Pendaftaran: www.dalecarnegie.id/layanan/individual-team-improvement/high-impact-presentations/

  1. Leadership Training for Supervisors

Tempat Pelaksanaan : Altira Bussiness Park Jakarta

Tanggal Pelaksanaan : Rabu – Jumat / 14 – 16 Mei 2019

Jam Pelaksanaan : 08.00 – 17.00 WIB

Pendaftaran: www.dalecarnegie.id/layanan/individual-team-improvement/leadership-training-for-supervisors/

 

REFERENSI:

The Secret of Making Other People Like You (2015). Dale Carnegie. Ragam Media, Gejayan, Yogyakarta.

How to Stop Worrying and Start Living (e-book / 2016). Dale Carnegie. Diamond Pocket Books, Ltd. New Delhi.

www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hodgkins-lymphoma/symptoms-causes/syc-20352646

www.biography.com/people/dale-carnegie-9238769

www.goalcast.com/2018/01/18/25-dale-carnegie-quotes/

speakerhub.com/blog/dale-carnegie-quotes-help-you-become-better-speaker

www.goodreads.com/work/quotes/3402915-the-art-of-public-speaking

www.goodreads.com/work/quotes/41052-how-to-stop-worrying-and-start-living

www.dalecarnegie.id/jadwal-program-pelatihan/jadwal-training-dale-carnegie-jakarta/

www.dalecarnegie.com/en/topics/people-skills

www.medicine.mcgill.ca/epidemiology/hanley/communicationCommunicationCommunication/SpeakingEffectively.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 13 =