Rasa Kebersamaan Heningkan Cipta Mampu ‘Mengubah’ Karakter Kita

Rasa Kebersamaan Heningkan Cipta Mampu 'Mengubah' Karakter Kita
‘Latihan Komando’ Ketua Kelas 1-6 menghadap Pemimpin Upacara | Photo: SDN Murung Raya 4 Banjarmasin

 

Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.” -Bung Tomo (Pahlawan Nasional)

Percayakah Anda bahwa musik dapat merubah karakter kita? menjadi seorang cinta damai atau sisi lain sudut negatifnya bisa menjadi seorang pembunuh berantai dan psikopat? Jadi mulai sekarang dan seterusnya, Anda mulai memilih dengan bijak yang mana sebaiknya musik Anda harus dengarkan.

Ingatkah Anda saat duduk di Sekolah Dasar? pastinya kita tahu dan selalu bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya serta menghayati lagu Mengheningkan Cipta (terkadang tanpa terdengar liriknya). Tentunya juga kita mengerti mengapa guru kita dulu mengajarkan itu.

Tidak lain dan tidak bukan karena untuk menjunjung Pahlawan-Pahlawan yang menumpahkan darahnya hanya untuk generasi kita semua, Terasa sedih bukan? sedih mengharukan maksudnya. Betapa mulianya pahlawan zaman dahulu, jadi mulai saat ini apakah masyarakat ‘zaman now’ masih ingin tidak memelihara keutuhan Indonesia?

Memelihara keutuhan tidak sesulit dan seberat yang mungkin kamu pikir. Musik salahsatunya, hal yang mudah sebagai alat untuk menjaga keutuhan Negara Indonesia. Bisa diajarkan kepada generasi muda hingga dewasa sekalipun.

 

Mengapa lagu mengheningkan cipta mampu ‘mengubah’ karakter kita?

Rasa Kebersamaan Heningkan Cipta Mampu 'Mengubah' Karakter Kita
Ilustrasi Bagaimana Musik Tonalitas, Ritme, dan Liriknya Mampu Mempengaruhi Perkembangan Otak dan Karakter Kita | Photo credited: University of Florida (pinterest.com/pin/147633694007526442/)

Lagu ini sebenarnya dapat meningkatkan daya kecintaan kita kepada Indonesia, Pancasila, dan Nasionalisme. Musik selain dapat memberikan efek terapiutik kepada penderita stres (Rahmawati, Haroen, Juniarti, 2008). Juga dapat memunculkan harga diri, serta membentuk sikap hubungan interpersonal yang lebih baik (Raharjo, 2007).

Rasa Kebersamaan Heningkan Cipta Mampu 'Mengubah' Karakter Kita
Musik Positif sangatlah penting bagi semua kalangan | Photo credited: University of Florida (pinterest.com/pin/147633694007526442/)

Penelitian lainnya juga mengungkapkan lagu yang beraroma Nasionalisme bakal membuat warga menjadi tidak lagi membedakan suku, adat, ras, dan meningkatkan persatuan lebih kuat, dan lebih semangat mendukung negara, contoh kecilnya katakanlah dukungan Anda kepada Timnas Sepak Bola dengan teriakan lagu Garuda di Dadaku (Hermawan, 2012). Terkait hal ini semua, marilah kita bersama-sama menyimak kembali ingatkah Anda masih musik Lagu Mengheningkan Cipta tersebut? silahkan mengenang kembali:

Video credited: youtube.com/watch?v=K7xvWcTYxKo

 

Lagu ini sangat jelas sekali bakal memberdayakan Jiwa dan Karakter kita, yang Muda maupun yang Dewasa pasti akan bermanfaat musik dan lagu ini untuk kita terus dengarkan, contohnya di Hari Pahlawan. Lirik lagu Mengheningkan Cipta ini berkat karangan oleh Truno Prawit. Simak makna tiap lirik lengkapnya (diambil dalam liriklagu.co.id) berikut:

 

Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
Bela nusa bangsa

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau Cahya pelita
Bagi Indonesia merdeka

 

Rasa Kebersamaan Heningkan Cipta Mampu 'Mengubah' Karakter Kita
Siswa SD Selalu Menghayati Jasa Pahlawan dan Indonesia | Photo credited: SDN Murung Raya 4 Banjarmasin

 

Semoga kapanpun kita mengheningkan cipta bukanlah mengubah kita secara instan menjadi baik, tetapi mengubah kita perlahan-lahan namun selamanya terus cinta kepada Indonesia dan menghormati jasa para Pahlawan yang gugur dan membuat masyarakat, Polisi, TNI, serta kita semua tetap Solid.”

 

Artikel ini dipersembahkan dalam rangka #HariPahlawan #10November

#LombaBlogging oleh #KODAM_XIV_Hasanuddin_Makassar
Rasa Kebersamaan Heningkan Cipta Mampu 'Mengubah' Karakter Kita


Advertisement


Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *