Membuat Ingatan Super (Linking Mnemonic)

Membuat Ingatan Super (Linking Mnemonic)
Ilustrasi linking susu & roti bungkus | Image source: memory-improvement-tips.com

 

Apa itu Mnemonic?

Mnemonic adalah teknik khusus seseorang. Dan bisa digunakan dalam membantu siapa saja untuk meningkatkan kemampuannya mengingat sesuatu. Dalam kata lain, ini sebuah teknik ingatan yang membantu otak Anda mengkodekan dan memanggilkan informasi menjadi lebih baik (Psychcentral.com, 2016).

 

Apa itu Linking?

Mengenai sejarah tekniknya ini saya belum mendapatkan sumber atau literatur yang begitu kuat, namun dugaan awal saya dikembangkan oleh Harry Lorayne dan disebarkannya metode ini melalui bukunya “How to Develop a Super-Power Memory” pada 1957. 

Sekarang, untuk bisa menggunakan ingatan super ini Anda harus bersedia menjadi orang yang imajinatif, terbuka hal-hal fiksi dan tidak masuk akal. Karena proses mengingatnya mensyaratkan unsur ini.

Selanjutnya adalah kita contohkan saja ada 15 barang yang mau anda ingat atau beli di pasar. Pilih 1 benda yang pertama mau anda ingat saat dibutuhkan, dan imajinasikan benda 1 (pertama) ini terhadap benda benda 2.

Caranya adalah sekonyol apapun imajinasi anda. Kuncinya di sini adalah fiksi yang tidak masuk akal akan lebih kuat dan sangat cepat anda ingat. Dan selanjutnya benda 2 terhadap benda 3, dst hingga benda 15.





Berikut contohnya dari saya:
Ada 15 barang yang harus saya bawa pindah rumah yaitu; Laptop, Tongkat nyamuk elektrik, tas, meja tv, tv, gitar, lemari, piala, buku, helm, peta, kasur, bantalan, kertas, keyboard.

Jadi yang saya lakukan ialah mulai mengkodekan (encoding) “ada sebuah cerita laptop saya jatuh dari atas, tongkat nyamuk elektrik menyelamatkan diri dari dijatuhinya dengan memukul laptopnyanya hingga jatuh ke dinding, laptopnya jatuh ke lantai tiba-tiba berubah menjadi meja tanpa kaki, dan meja menumbuhkan 4 kakinya dan bergerak ke arah lain, dan tv jatuh dari atas tepat di atas mejanya dan hidup acara channel tv konser band, tv mengambil gitar meniru permainan di tv ini, terus gitar merasa lelah, gitar bersembunyi dari tv agar tidak dimainkan lagi pergi ke dalam lemari, lemari tiba-tiba memuntahkan piala yang banyak, piala bersatu seperti dragonball melakukan FUSION bersatu dan menjadi buku yang besar, buku kehujanan dan bersembunyi di dalam helm, helm bingung siapa yang masuk tadi, lalu mengeluarkan peta dan membacanya, peta bersembunyi di bawah kasur, kasur menjatuhkan bantalan, bantalan meledakan diri menjadi debu dan kertas yang tercampur, dan kertas bersatu/FUSION lagi jadi satu jadi monster tanpa kaki, hanya kepala dan tangan, dan mendekati keyboard komputer mengetik sesuatu.”

Itu saja. Semoga berhasil! Dan sebagai motivasi untuk Anda, saya berhasil mengingat 15 daftar kurang lebih 1 atau 2 hari, saya lupa. Intinya adalah kemungkinan besar MERASA gagal pertama kali, namun setelahnya PASTI akan berhasil. 

Artikel lainnya:
Iklan: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *